Login Form

Who's Online

We have 72 guests and no members online

Artikel Terbaru

Ilmu SEO Terapan Untuk Mendongkrak Popularitas Website Anda bag. 3 Content

seo terapanIlmu SEO Terapan Untuk Mendongkrak Popularitas Website Anda bag. 3 Content

Ini adalah kelanjutan dari materi Ilmu Seo Terapan sebelumnya. Jika Anda belum membaca materi sebelumnya, silahkan klik di sini.


Nah, sekarang kita memasuki materi yang ke-3.

Materi yang #3 ini bukan berarti tidak lebih penting dari materi #1 dan materi #2, bahkan di sini lah letak keberhasilan Anda setelah menerapkan Ilmu SEO Terapan #1 dan Ilmu SEO Terapan #2.

Mau tahu apa itu, mau tahu..... Jamaa....aahh oooh.. jamaah...! Alhamdu... Lillah.

Oke langsung aja.

Content atau dalam bahasa kita adalah isi dari website kita, yaitu artikel website kita. Artikel merupakan serangkaian informasi yang kita suguhkan kepada para pengunjung dan calon pengunjung website kita. Jika kita  menyuguhkan content yang bermanfaat bagi para pengguna internet, maka website kita akan ramai didatangi oleh pengunjung. Sebaliknya, jika kita hanya asal-asalan dalam menyajikan suatu content / artikel maka website kita tidak mempunyai daya tarik di mata para pengguna internet.

 

Perlu kita ingat bahwa yang menjadi daya tarik suatu website atau blog adalah di bagian content atau artikel, yaitu informasi yang mempunyai nilai manfaat bagi para pengguna internet.

Mengapa hal ini saya singgung berulang-kali?

Karena kebanyakan pengelola website atau blog haya memperhatikan tampilan website mereka tanpa menghiraukan apakah apa yang mereka sajika di website mereka itu bermanfaat atau tidak. Mereka berkutat pada masalah design, template, art, animasi, tampian gambar flash, dsb. Yes! itu juga penting, tetapi setelah Anda menyuguhkan artikel yang bermanfaat.

Mau contohnya?, kita pasti tahu saat ini website yang paling banyak pengunjungnya di dunia adalah web GOOGLE. Mari kita lihat lagi saat Anda membuka halaman awal dari www.google.com itu tampilannya bagaimana?, hanya putih bersih, dan bolong du tengahnya untuk kita mengetikkan suatu keyword pencarian kita. Begitu pun menjadi website nomor 1 di dunia. Yang Google suguhkan adalah isi dari websitenya, yaitu pencarian informasi yang akurat dan pastinya bermanfaat.

Lalu bagaimana cara kita dalam menyuguhkan content atau artikel yang baik itu?

Ada 4 hal yang perlu kita perhatikan dalam membuat sebuah artikel :

1. Judul artikel

2. Alias / permalink / slug

3. Deskripsi / artikel yang relevan dengan 2 hal di atas.

4. Tag (description & Keyword)

 

Mari kita bahas  satu per satu,

Judul Artikel,

Merupakan komponen penting dari bagian ilmu SEO, tetapi tergantung dari jenis CMS yang Anda gunakan, jika Anda menggunakan CMS Joomla dan Wordpress, maka judul artikel ini tidak terlalu signifikan peranannya, yang signifikan justru di alias (untuk CMS Joomla) dan permalink (untuk CMS Wordpress).

Tetapi jika Anda memakai CMS koma dari Sitekno, Judul Artikel ini merupakan hal wajib dan harus mengandung unsur keyword (kata kunci) dan jangan terlalu banyak kata tambahan lain yang tidak relevan, misal : dan, dengan , bilamana, sekaligus, sebagian, dari, di, ke, dll.

 

Alias / permalink / slug,

Merupakan terusan dari alamat domain (link akurat menuju detail conten website Anda). Alias / permalink ini nantinya akan muncul di belakang nama domain Anda, misal : http://www.maulia.net/komunitas-online-semarang.html

yang merupakan alias/permalink adalah : komunitas-online-semarang

Untuk beberapa CMS, alias / permalink /slug ini bisa di setting berbeda dengan judul artikel, tetapi jika alias / permalink / slug tidak disetting maka secara otomatis yang menjadi alias / permalink / slug itu adalah judul artikel itu sendiri.

Dan perlu diingat, penulisan alias / permalink / slug harus memenuhi prinsip keyword!

 

Description / article text / content,

Dan, inilah yang paling penting dari ilmu SEO terapan ini, yaitu isi  artikel Anda, atau Deskripsi Konten. Perlu diperhatikan bahwa penulisan atikel konten Anda harus selalu berpedoman pada keyword, baik di awal artikel, tengah, dan di akhir artikel.

Juga jangan asal menulis artikel yang isinya hanya memuat keyword saja, karena akan terdeteksi oleh mesin pencari ( search engine ) sebagai artikel yang curang. Efeknya website Anda akan di banned (di skorsing) oleh Search Engine ( Google )

 

Tag (keyword artikel),

Beberapa CMS menyediakan kolom untuk tag (keyword) untuk masing-masing artikel web. Dengan mengisi kolom tag ini akan mempermudah pengunjung website Anda dalam mencari artikel yang dia inginkan melalui Searcg Engine lokal di website Anda.

 

Pada intinya, dengan memanfaatkan semua unsur SEO yang ada di di atas, akan membatu website Anda untuk lebih eksis lagi di dunia internet.

 

Perhatian :

Original artikel M. Maulia Mansuri

Jika Anda mengcopy artikel ini etikanya adalah dengan mencantumkan link sumber website Maulia.net ini.

Comments   

 
+1 #2 mr_pho 2013-04-09 19:37
tambah lagi mas buka rahasia SEO nya...
Quote
 
 
+1 #1 Abdul Sidik 2012-11-08 20:52
wow dapat tambahan ilmu SEO nich, luar biasa!
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh

Profil

Aktivitas