Login Form

Who's Online

We have 73 guests and no members online

Artikel Terbaru

Ilmu SEO Terapan Untuk Mendongkrak Popularitas Website Anda bag. 2 Title, Keyword & Description

seo terapan 2

Ilmu SEO Terapan Untuk Mendongkrak Popularitas Website Anda

bag. 2 ( Title, Keyword & Description )

Oke kita lanjut ke materi SEO (Search Engine Optimization) berikutnya, tetapi bagi Anda yang belum baca Materi SEO bagian 1, tentang Domain, silahkan baca dulu di link di bawah ini :

Ilmu SEO Terapan Bag. 1 : Domain


Jika sudah, mari kita lanjutkan...

 

Berikutnya untuk mendukung SEO website atau pun blog kita, komponen yang tidak kalah pentingnya adalah Description dan Keyword.

dan sebelum itu ada juga satu komponen lagi yang maha penting, yaitu Judul Situs Web ( Title).

Jadi ada 3 komponen yang akan kita bahas pada Materi kita kali ini.

1. Title
2. Description
3. Keyword

Mari kita ulas satu per satu :

 

Title atau biasa disebut dengan Judul Situs Web merupakan hal wajib yang perlu kita perhatikan dalam upaya Search Engine Optimization. Title biasanya muncul di Tab (bagian atas browser yang kita pakai) dan Title inilah yang akan diindeks oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan Bing setelah nama domain. Jadi sangat penting untuk memperhatikan unsur SEO yang satu ini.

Biasanya Title adalah kata-kata yang dicetak warna biru denga font yang lebih besar di situs mesin pencari Google ketika kita memulai suatu pencarian.

Berikutnya...

Description merupakan gambaran umum mengenai isi dari website atau blog kita. Dengan menuliskan Description, mesin pencari akan lebih mudah dalam menganalisa  website kita apakah isi website kita benar-benar mewakili dari gambaran description yang kita berikan. Tetapi jika description yang kita tuliskan tidak sesuai dengan kenyataan isi website / blog kita maka mesin pencari tidak akan mengutamakan website kita di halaman pencariannya.


Lalu...

Keyword, merupakan serangkain kata kunci yang kita buat. Biasanya berbentik kata atau frasa, bisa satu kata atau lebih dari satu kata. Jika keyword yang kita buat lebih dari satu kata, maka pisahkan dengan tanda koma (,) antara keyword yang satu dengan keyword yang lainnya. Pada prinsipnya semakin sedikit keyword adalah semakin baik, berarti web kita adalah web yang spesifik. Sedangkan website dengan banya keyword akan kurang disukai oleh mesin pencari karena terlalu banyak keyword yang harus ditandai olehnya.

 

Untuk Anda pengguna Content Managemen System ( CMS ) tertentu seperti Joomla dan CMS KOMA dari Sitekno, Settingan untuk ketiga jenis komponen SEO ini telah disediakan dengan sangat baik. Untuk CMS Joomla, Anda tinggal mengisinya di menu Global Configuration sedangkan untuk CMS KOMA Anda tinggal mengisinya di menu Option.

Sedangkan Anda pengguna CMS lainnya seperti Wordpress dll, Anda dapat menambahkannya sendiri dengan menambahkan script berikut ini :

 

Title tag - <title>….</title>
Keyword tag - <meta name=”keywords” content=”….”>
Description tag - <meta name=”description” content=”….”>

 

titik-titik "...." dapat Anda isi dengan Title, Description, dan Keyword dari website Anda.

Selamat mencoba...

bersambung... klik : Ilmu SEO Terapan bag. 3 Content

 

Original artikel M. Maulia Mansuri

Jika Anda mengcopy artikel ini etikanya adalah dengan mencantumkan link sumber website Maulia.net ini.

Comments   

 
0 #1 Belajar Komputer 2012-09-15 11:09
mantap sobat tutorialnya, thanks udah berbagi pengetahuan
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh

Profil

Aktivitas